A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/var/cpanel/php/sessions/ea-php56/ci_session1c060f58d677bdc3b7af06c189bd87d9): failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 156

Backtrace:

File: /home/disdiktala/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 12
Function: __construct

File: /home/disdiktala/public_html/index.php
Line: 294
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /var/cpanel/php/sessions/ea-php56)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 140

Backtrace:

File: /home/disdiktala/public_html/application/controllers/Home.php
Line: 12
Function: __construct

File: /home/disdiktala/public_html/index.php
Line: 294
Function: require_once

Selamat Datang

PEMERINTAH KABUPATEN TANAH LAUT

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Detail Berita

RAPAT KERJA DISDIKBUD TANAH LAUT MENYAMBUT TAHUN PELAJARAN BARU 2020/2021

Di Post Oleh Admin


DISDIKBUD TALA---Bertempat di aula Disdikbud Tanah Laut serta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19, Plt Kadisdikbud, Jamaluddin, M.Pd,  membuka dan memimpin rapat kerja dengan seluruh pengawas sekolah  TK, SD, dan SMP se Kabupaten Tanah Laut. Rapat yang dilaksanakan pada Kamis, 11 Juni 2020, yang juga turut dihadiri pejabat dilingkup Disdikbud, diantaranya Kabid Ketenagaan, Kabid PAUD dan PNF, Kasi PDPK  Dikdas, serta Kasi Kurikulum dan Penilaian Dikdas.

Jamaluddin, M.Pd dalam pengantar pembukaan rapat kerja menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran pengawas sekolah dan pejabat yang hadir. Selanjutnya, Plt. Kadisdikbud Tanah Laut tersebut juga menyampaikan agenda utama yang akan dibahas dalam rapat ini, yaitu evaluasi kegiatan rapot mutu PMP (Pemetaan Mutu Pendidikan) dan persiapan menghadapi tahun pelajaran baru 2020/2021  di Tanah Laut.

Sebelum membahas lebih dalam terkait hasil evaluasi pelaksanaan rapot mutu PMP, Jamaluddin, M.Pd memberikan kesempatan kepada staf operator PMP, Riana, untuk menyampaikan evaluasinya terkait dengan masalah  teknis dan nonteknis pendataan serta  aplikasi yang digunakan dalam pelaksanaan PMP tersebut. Kendala yang dihadapinya selama ini dalam melaksanakan tugasnya selaku operator PMP antara lain masalah keterbatasan tenaga operator, waktu, aplikasi PMP yang baru, dan kendala teknis lainnya.

Selanjutnya, pembahasan lebih mendalam tentang kendala di lapangan yang dihadapi oleh pengawas dalam membantu pihak operator sekolah untuk mengirim data atau mengisi rapot mutu yang dilakukan secara online. Banyak kendala yang dihadapi pengawas sekolah  dalam pendampingan terhadap sekolah yang menjadi binaannya, baik kendala yang bersifat teknis maupun nonteknis.

Seusai membahas dan mencari solusi dalam menuntaskan pengisian rapot mutu dalam kegiatan PMP, rapat dilanjutkan dengan pembahasan tentang pelaksanaan PPDB tahun pelajaran 2020/2021. Pada kesempatan ini, Jamaluddin, M.Pd memberikan kesempatan kepada Kasi PDPK , Anang Haryanto, untuk menyampaikan informasi tentang pelaksanaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru).  Pelaksanaan PPDB jenjang SD dan SMP di Kabupaten Tanah Laut 22-27 Juni 2020 berdasarkan sistem zonasi dan ketentuan lainnya yang seuai ketentuan PPDB oleh Kemendikbud.

Berikutnya,  penyampaian informasi dari Kabid PAUD dan PNF, Hj.Henny Hastuty. Dalam informasinya yang berkenaan dengan pendididkan anak usia dini antara lain mengenai proses pendaftaran siswa baru di TK dan PAUD yang sudah berjalan, perlunya tambahan pengawas jenjang TK, dan permasalahan teknis dan nonteknis pendidikan non formal di Tanah Laut.

Berikutnya, Plt. Kadisdikbud memberikan kesempatan kepada Maslani selaku  Kasi Kurikulum dan Penilaian Bidang Dikdas untuk menyampaikan informasinya. Dalam informasinya, disampaikan hasil kegiatan pemantauan dan evaluasi proses pembelajaran jenjang SD dan SMP selama pendami Covid-19 pada bulan Maret dan April 2020 yang lalu.   Proses pembelajaran berlangsung dengan pola BDR (Belajar Dari Rumah), baik secara daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan).

Selain informasi dari pejabat Disdikbud, juga diberikan kesempatan pula penyampaian informasi dari pengawas sekolah yang disampaikan oleh Suwoto, M.Pd, selaku Ketua APSI (Asosiasi Pengawas Seluruh Indonesia)  Kabupaten Tanah Laut. Dalam informasinya antara lain menegaskan kembali peran pengawas sebagai ‘mata dan telinga’ Disdikbud, pengawas perlu meningkatkan kompetensinya, mengusulkan adanya diklat tentang pembelajaran secara online bagi guru oleh Disdikbud, dan masalah organisasi internal pengawas lainnya.

Kegiatan rapat kerja ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk menanggapi atau menyampaikan pendapat dan saran terkait dengan permasalahan dan informasi yang telah disampaikan sebelumnya. Ada peserta rapat kerja yang menanggapinya, yaitu Aluh, Korwil/ pengawas SD Kecamatan Bajuin yang menanggapi tentang PMP dan PPDB, dan Zainudin dari pengawas SD/ Korwil  Kecamatan Takisung yang mengkonnfirmasi entang pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 di wilayah kerjanya.

Dari berbagai informasi dan tanggapan yang disampaikan, kemudian Jamaluddin, M,Pd memberikan tanggapan sekaligus menyimpulkan pembahasan dalam rapat kerja tersebut, baik tentang pelaksanaan rapot mutu, PPDB, proses pembelajaran dimasa new normal, peran pengawas sekolah,  dan sebagainya. Kegiatan rapat kerja ini yang dimulai dari pukul 09.30 WITA ditutup secara resmi oleh Plt.Kadisdikbud Tanah Laut pada pukul 12.10 WITA dengan ucapan’ hamdalah’.

#BangkitPendidikanNegeriku

 

by-Mas2020