PEMERINTAH KABUPATEN TANAH LAUT

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Detail Berita

KEGIATAN BIMTEK PROKTOR dan TEKNISI UNBK 2020

Di Post Oleh Admin


SEKSI KURIKULUM DISDIKBUD TALA ---Seusai dibuka secara resmi oleh H.Dana Saputra, Sekretaris Dinas yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut pada Selasa, 21 Januari 2020, maka kegiatan bimtek dilanjutkan dengan penyajian materi oleh instruktur/narasumber. Farid Syauqi yang berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan menjadi narasumber, melanjutkan kegiatan bimtek proktor dan teknisi yang berlangsung hingga Rabu, tanggal 22 Januari 2020.

Peserta yang memenuhi ruangan aula SKB Pelaihari sudah siap menerima pengetahuan dan keterampilan baru dari narasumber. Ha l isi sesuai dengan maksud dan tujuan kegiatan bimtek tersebut yaitu untuk memberikan bekal dan keterampilan bagi para proktor dan tehnisi dalam rangka pelaksanaan UNBK mandiri  di sekolah masing-masing atau bergabung dengan sekolah lain . Sedangkan tujuan kegiatan bimtek ini adalah : Pertama. Memberikan pengetahuan dan keterampilan  dalam rangka pelaksanaan UNBK yang akan dilaksanakan di sekolah masing-masing; Kedua.Meningkatkan  pengetahuan dan pemahaman teknis dan operasional terkait tugas dan kegiatan proktor dan teknisi UNBK.

Kegiatan pada sesi penyajian materi ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan awal sebalum peserta masuk pada sesi praktik, sehingga peserta dapat memahami tugas dan perannya sebagai proktor dan teknisi. Peserta yang terdiri dari tenaga proktor dan teknisi mengikuti kegiatan bimtek kali ini ada yang sudah pernah mengikutinya pada tahun lalu, namun tidak sedikit yang baru pertama ini mengikuti bimtek tersebut.

Kondisi peserta yang mengikuti bimtek proktor dan teknisi tersebut beragam, sehingga perlu diberikan paparan materi secara umum dan mendasar oleh narasumber terlebih dulu guna menyamakan persepsi. Keberagaman kondisi dasar peserta yang mengikuti bimtek ini menjadi tantangan tersendiri bagi narasumber, terlebih lagi ada peserta yang kurang terampil dan terbiasa dengan komputer atau laptop. Pemahaman yang mendalam akan tugas sebagai proktor dan teknisi menjadi bahan pembahasan, karena tugas yang diemban oleh proktor dan teknisi cukup siginifikan bagi kesuksesan dan lancarnya UNBK di sekolah.

Seusai memberikan materi umum tentang tugas pokok dan fungsi proktor dan teknisi UNBK, maka pada sesi berikutnya disajikan materi tentang materi yang bersifat teknis. Pada sesi penyajian yang bersifat teknis ini narasumber selain memberikan penjelasan juga mendampingi peserta dalam praktik menjadi proktor dan teknisi. Praktik sebagai proktor dan teknisi  merupakan kegiatan utama dalam  bimtek proktor dan teknisi yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini, sehingga nanatinya  diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan saat UNBK digelar pada tanggal 20-23 April 2020 nantinya.

Pelaksanaan bimbingan teknis bagi proktor dan teknisi UNBK SMP /MTs tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar dapat berjalan lancar dan sesuai dengan rencana. Dengan adanya kegiatan bimtek tersebut diharapkan bagi proktor dan teknisi yang baru pertama ditugaskan oleh sekolahnya dapat memahami dan terampil dalam melaksanakan tugasnya, sedangkan bagi proktor dan teknisi yang lama dapat menambah dan meningkatkan ilmu dan keterampilannya. Proktor dan teknisi merupakan ujung tombak lancar dan suksesnya pelaksanaan UNBK di sekolah.