PEMERINTAH KABUPATEN TANAH LAUT

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Detail Berita

DISDIKBUD DAN DPRKPLH TANAH LAUT AKAN MELAKSANAKAN LOMBA SEKOLAH ADIWIYATA TAHUN 2020

Di Post Oleh Admin


SEKSI KURIKULUM DISDIKBUD TALA---Dampak penyebaran pandemi Covid-19 yang makin meluas dan menyebar ke berbagai pelosok Indonesia pada saat ini juga berimbas terhadap penilaian dan pemberian  penghargaan sekolah adiwiyata tahun 2020 ini. Namun demikian,  Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 660/0446-KPSM/PSLB3K/DLH/V/2020, tanggal 6 Mei 2020, bahwa penilaian sekolah adiwiyata tingkat Provinsi Kalimantan Selatan akan tetap dilaksanakan.

Oleh sebab itu, persiapan pun mulai dilaksanakan oleh daerah untuk melaksanakan kegiatan penilaian terhadap beberapa calon sekolah yang akan mengikuti lomba sekolah adiwiyata tingkat kabupaten/ kota dan provinsi. Kabupaten Tanah Laut melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup atau DPRKLH melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menindaklanjuti surat dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan tersebut.

Berdasarkan data dari DPRKLH Kabupaten Tanah Laut bahwa ada beberapa sekolah yang telah disiapkan untuk menjadi calon adiwiyata mandiri. Sekolah yang telah dicalonkan sebagai sekolah adiwiyata mandiri disyaratkan telah berhasil  paling sedikit membina 2 (dua) sekolah. Dengan demikian, ada jajaring antara calon sekolah adiwiyata untuk menjalin kerjasama dalam rangka mewujudkan perilaku ramah lingkungan hidup dari warga sekolah.

Ada 5 (lima) sekolah calon adiwiyata mandiri yang ada di Kabupaten Tanah Laut, yaitu : (1) SMAN 1 Jorong Kecamatan Jorong ; (2) SMKN 1 Pelaihari Kecamatan Pelaihari ; (3) UPTD SMPN 1 Pelaihari Kecamatan Pelaihari ; (4) UPTD SDN 4 Angsau Kecamatan Pelaihari; dan (5) UPTD SDN Pabahanan Kecamatan Pelaihari.

Kemudian, sekolah yang telah menjadi calon adiwiyata mandiri tersebut membina beberapa sekolah binaan yang ada di sekitarnya. Calon sekolah binaan dari SMAN 1 Jorong adalah : (1) UPTD SDN 1 Jorong; (2) UPTD SDN 2 Jorong; (3) UPTD SDN 3 Alur; (4) UPTD SMPN 3 Jorong; (5)  SMAN 2 Jorong; (6) UPTD SMPN 3 Batu Ampar; dan (7) SMAN 1 Batu Ampar.

Sekolah calon binaan SMKN 1 Pelaihari terdiri dari : (1) UPTD SDN 2 Angsau; (2) UPTD SDN 6 Angsau; (3) SMAN 1 Bajuin; dan (4) SMKN 1 Takisung.  Sedangkan calon sekolah binaan dari UPTD SMPN 1 Pelaihari, yaitu : (1) UPTD SMPN 8 Pelaihari; (2) UPTD SMPN 4 Bati-Bati; dan (3) UPTD SDN 2 Bumi Jaya.

Berikutnya, calon sekolah binaan UPTD SDN 4 Angsau adalah : (1) UPTD SDN 1 Nusa Indah; (2) UPTD SDN 2 Ranggang; (3) UPTD SDN 4 Gunung Makmur; dan (4) UPTD SDN 2 Tambang Ulang. Selanjutnya, calon sekolah binaan UPTD SDN Pabahanan adalah : (1) UPTD SDN Sarang Halang ; (2) UPTD SDN 1 Pulau Sari; (3) UPTD SDN 2 Ujung Batu; (4)  UPTD SDN  1 Bumi Jaya; dan (5) UPTD SMPN 6 Pelaihari.

Sesuai dengan hasil koordinasi dan diskusi antara Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DPRKPLH dengan Kasi Kurikulum dan Penilaian bersama Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Kabupaten Tanah Laut pada Selasa, 12 Mei 2020, di ruang Seksi Kurikulum dan Penilaian, bahwa disepakati beberapa hal yang terkait dengan persiapan  penilaian sekolah adiwiyata di Kabupaten Tanah Laut.

Salah satunya akan melaksanakan kegiatan penilaian sekolah adiwiyata sebagaimana surat dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan di atas. Oleh sebab itu, akan secepatnya disiapkan kelengkapan administrasi dan kelembagaan tim pembina dan penilai sesuai ketentuan yang berlaku.